• +62 627 21001
  • Jl. Sisingamangaraja, No. 127

Sosiologi

Image Here

Sosiologi

A. Mata Pencaharian

Pada umumnya daerah Kabupaten Dairi adalah potensi pertanian yang cukup luas dan sangat besar jumlah hasilnya, sehingga mata pencaharian penduduk yang terutama adalah pertanian padi, palawija dan tanaman tahunan/bahan perdagangan ekspor antara lain:

  1. Tanaman bahan makanan seperti padi, jagung, ketela rambat, ketela pohon, kacang tanah, kacang kedelai dan kacang hijau.
  2. Tanaman sayur-sayuran seperti cabe, kentang,tomat, buncis, terung, bayam dan sayur-sayuran lainnya sangat baik di Kabupaten Dairi. Sedangkan tanaman bawang merah dan bawang putih di Kecamatan Sumbul yakni didesa Silalahi II dan desa Paropo yang terletak di pinggiran Danau Toba.
  3. Tanaman perdagangan bahan ekspor seperti kopi, kelapa, kemenyan, cengkeh, tembakau, jahe, dan kemiri serta kulit manis dan nilam. Tanaman tahunan sangat baik diusahakan serta mempunyai hasil yang cukup besar jumlahnya sehingga dapat mempengaruhi perekonomian masyarakat Kabupaten Dairi.
  4. Sebagai mata pencaharian tambahan juga diperoleh dari hasil hutan seperti kayu pertukangan, damar, rotan.
  5. Namun sebagian kecil penduduk juga memelihara ternak unggas, perikanan darat dengan tata cara pemeliharaan secara tradisional sehingga hanya merupakan penghasilan tambahan, dimana jumlahnya belum memenuhi standar nasional.