• +62 627 21001
  • Jl. Sisingamangaraja, No. 127

Berita Daerah

Image Here

Ramah tamah dengan Pemkab Dairi, Kapoldasu dinobatkan Marga Ujung

Ramah tamah dengan Pemkab Dairi, Kapoldasu dinobatkan menjadi Marga Ujung

Kapolda Sumatera Utara Inspektur Jenderal Polisi Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si beserta dengan rombongannya melakukan ramah tamah dengan Pemerintah Kabupaten Dairi setelah selesai melakukan kunjungan ke Polsek Sumbul pada Jumat (3/3/2017) di Wahana Estate PT. Wahana Graha Makmur Kecamatan Parbuluan. Ramah tamah tersebut dihadiri oleh Bupati Dairi KRA. Johnny Sitohang Adinegoro, S.Sos, Wakil Bupati Dairi Irwansyah Pasi, SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Sebastianus Tinambunan, SH, M.Pd, Asisten dan Staf Ahli Bupati Dairi, Unsur Pimpinan Daerah Kabupaten Dairi, Pimpinan SKPD dan Camat se-Kabupaten Dairi, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Tokoh adat serta Tokoh Pemuda.

Bupati Dairi dalam sambutannya menyampaikan pemaparan secara singkat tentang wilayah Kabupaten Dairi serta memaparkan kegiatan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menjalankan roda pemerintahannya. Beliau mengatakan, Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menjalankan pemerintahannya memiliki motto pembangunan yakni “Bekerja Untuk Rakyat dimana dalam implementasi motto tersebut, Pemerintah Kabupaten Dairi melaksanakan Kujungan Kerja ke desa-desa yang dilaksanakan sekali dalam dua minggu dengan tujuan untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat yang ada di desa.

Terkait dengan kunjungan kerja Kapolda Sumut, Beliau mengatakan sangat bangga atas kehadirannya sehingga dengan kehadiran tersebut Beliau berharap dapat memperoleh saran atau pun masukan dalam rangka meningkatkan pembangunan di Kabupaten Dairi. Dalam kesempatan tersebut, Beliau bersama dengan tokoh adat Pakpak memberikan pakaian adat Bulang-Bulang kepada Kapolda Sumatera Utara dan Ketua Bhayangkari Daerah Sumatera Utara sebagai tanda untuk penyematan pemberian Marga Ujung. Dengan disematkannya pakaian adat Bulang-Bulang tersebut, maka Kapolda Sumatera Utara resmi menjadi Marga Ujung dan Ketua Bhayangkari Daerah Sumatera Utara Ny. Ningrum Rycko Amelza Dahniel resmi menjadi boru Padang.

Kapolda : Pemberian Marga Ujung adalah suatu bukti bahwa warga Dairi dapat menerima perbedaan

Sementara itu, Kapolda Sumatera Utara dalam sambutannya mengatakan pemberian Marga adalah merupakan suatu warisan kebudayaan dan merupakan menjadi suatu kebanggaan termasuk sebagai cara untuk menghadapi kehidupan dan menyelesaikan persoalan dalam persoalan kehidupannya. Kapolda lebih lanjut mengatakan bahwa pemberian Marga tersebut merupakan suatu bukti bahwa warga Dairi dengan berbagai suku bangsa dapat menerima perbedaan.

“Saya datang ke Dairi bukan sebagai orang batak, bukan orang Sumatera Utara. Bahkan Saya melihat di Dairi ini mayoritas beragama non muslim. Saya yang bukan orang batak dan bukan non muslim dapat diterima dengan baik penuh dengan kekeluargaan, ujar Beliau. Oleh karena itu, Beliau mengucapkan rasa terimakasih yang setinggi-tingginya atas sambutan hangat yang diberikan oleh masyarakat Kabupaten Dairi kepada Beliau. Dalam kesempatan tersebut, Kapolda memberikan beberapa arahan terkait dengan fungsi dan tugas dari pada kepolisian dimana salah satu diantaranya adalah Beliau mengatakan pendekatan-pendekatan yang harus dilakukan oleh kepolisan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya adalah dengan melakukan pendekatan pemberdayaan masyarakat. Kapolda mengatakan dalam pemberdayaan masyarakat, petugas kepolisian bersama dengan masyarakat, bersama dengan pemerintah daerah mendatangi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang berbagai masalah yang dihadapi, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang bagaimana cara untuk menyelesaikannya, meningkatkan pengetahuan masyarakat untk mengetahui norma-norma yang berlaku dalam kehidupan serta meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk mencegah, menangkal dan melawan atas berbagai permasalahan terutama gangguan kamtibmas dan kejahatan kriminal.  [KOMINFO]