• +62 627 21001
  • Jl. Sisingamangaraja, No. 127

Berita Daerah

Image Here

Operasi Mata Katarak Gratis

Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah Sidikalang bekerja sama dengan Body & Soul Ministries serta dengan UPT. Kesehatan Indera Masyarakat Medan mengadakan Operasi Mata Katarak Gratis selama 2 hari, yakni (20-21/3/2017) di Rumah Sakit Umum Daerah Sidikalang. Acara pembukaan operasi katarak tersebut yang dilaksanakan pada Senin (20/3/2017) dihadiri oleh Bupati Dairi yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Ramlan Sitohang, Direktur RSUD Sidikalang dr. Henry Manik, M.Kes, serta perwakilan dari Body & Soul Ministries.

Bupati Dairi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat mengatakan dengan adanya pengobatan gratis mata katarak diharapkan dapat membantu masyarakat Kabupaten Dairi khususnya bagi para penderita katarak. Untuk itu, Beliau mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Body & Soul Ministries yang telah mendukung kegiatan tersebut dimana Body & Soul Ministries telah melakukan kegiatan tersebut mulai dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2016 dengan jumlah pasien yang berhasil di operasi sebanyak 575 orang. “Pemerintah Kabupaten Dairi sangat mendukung kegiatan ini, untuk itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dairi agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan ini,” pungkasnya. Sementara itu, Direktur RSUD Sidikalang ketika ditemui disela-sela kegiatan tersebut mengatakan kegiatan operasi mata katarak diadakan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat tentunya dengan memberikan operasi kepada para penderita katarak. “Jumlah pasien katarak yang akan di operasi adalah sebanyak 144 orang dan jumlah mata yang di operasi adalah sebanyak 187 mata,” tuturnya.

Sementaraitu, perwakilan dari Body & Soul Ministries dalam kesempatan tersebut mengatakan pihaknya telah melakukan operasi mata katarak gratis kepada penderita katarak dengan jumlah mata yang di operasisebanyak 545 mata sejak tahun 2011. Ia mengatakan selesai melakukan operasi mata katarak di Kabupaten Dairi, pihaknya akan melakukan operasi mata katarak ke  Kabupaten Humbang Hasundutan kemudian dilanjutkan ke Kabupaten Simalungun dengan target operasi sebanyak 700 mata dan sudah terjaring sebanyak 798 untuk 3 Kabupaten.

Pemerintah Kabupaten dalam melakukan operasi mata katarak gratis telah melakukan penjaringan selama 2 bulan di beberapa tempat, yakni Puskesmas Sumbul, Puskesmas Tigalingga, Puskesmas Sigalingging dan RSUD Sidikalang dengan jumlah mata yang akan di operasi sebanyak 187 mata.