• +62 627 21001
  • Jl. Sisingamangaraja, No. 127

Berita Daerah

Image Here

Kunker di Desa Pegagan Julu IV : Suspect TB 4 orang, Balita Gizi Baik 107 orang

Dalam rangka mengimplementasikan motto pembangunan Pemerintah Kabupaten Dairi “Bekerja Untuk Rakyat”, Pemerintah Kabupaten Dairi kembali melaksanakan kegiatan kunjungan kerja (kunker) yang pada kali ini pelaksanaannya diadakan di Desa PegaganJulu IV Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi yang berlangsung selama 2 hari yakni Jumat-Sabtu (31 Maret-1 April 2017). Kunjungan kerja tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Dairi KRA. Johnny Sitohang Adinegoro, S.Sos yang diikuti oleh seluruh Pimpinan SKPD Kabupaten
Dairi dengan seluruh jajarannya.

Bupati Dairi dalam sambutannya dalam acara ramah tamah pada malam harinya mengatakan kunjungan kerja ke daerah desa Pegagan Julu IV pada tahun yang sebelumnya telah pernah dilaksanakan, untuk itu Pemerintah Kabupaten Dairi kembali melakukan kunjungan kerja ke desa tersebut untuk melihat hasil dari pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi pada saat kunjungan kerja di tahun yang sebelumnya. “Dari hasil pantauan, kami cukup senang melihat hasil dari pembangunan di tahun yang sebelumnya ada peningkatan dan semua berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Hal  yang  berikutnya dikatakan Beliau adalah Pemerintah Kabupaten Dairi merasa cukup bangga karena terjalinnya dengan baik hubungan antara pemimpin desa dengan masyarakat, masyarakat dengan pemimpin desa serta terjalinnya kekompakan antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya. Terkait dengan hasil pertanian, Desa PegaganJulu IV memiliki salah suatu tanaman unggulan lanyaknya wortel dimana hasil yang didapatkan dari bertanam wortel tersebut dapat mencapai 5 ton saat panen. Namun, dari pengamatan Beliau saat turun ke lapangan pada siang hari ketika melakukan panen wortel di
salah satu lahan warga, banyak di temukan wortel yang tidak sesuai dengan ukurannya saat di panen. “Wortel itu saat kami panen lebih banyak ukuran wortelnya yang kecil, hanya beberapa saja yang ukuran besar,” jelas Beliau.

Setelah melakukan diskusi dengan Dinas Pertanian juga bersama dengan masyarakat ternyata wortel tersebut di katakan Beliau ada yang ditanam tanpa menggunakan kompos dan ada yang  bibit wortelnya tidak di ganti. Untuk itu, Beliau menginstruksikan kepada Dinas Pertanian untuk lebih gencar lagi melakukan penyuluhan kepada para petani wortel agar dimasa-masa yang akan datang saat panen wortel yang dihasilkan dapat menghasilkan buah yang berukuran besar.

Dalam kesempatan tersebut, Beliau berharap melalui kunjungan kerja yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi, masyarakat Desa Pegagan Julu IV dapat semakin bersatu, bahu membahu ataupun saling bergotong royong di bawah pimpinan Kepala Desa untuk meningkatkan pembangunan di desa tersebut sehingga desa tersebut dapat semakin maju dan berkembang. “Pemerintah Kabupaten Dairi akan berupaya untuk selalu dengan rakyatnya, mendengarkan permintaan rakyatnya yang tentunya lebih mengutamakan permintaan yang lebih penting untuk dikerjakan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi,” pungkasnya.

Adapun hasil kunjungan kerja yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi pada hari pertama pelaksanaanya, yakni 31
Maret 2017 adalah : Dinas Pertanian : Panen wortel di dua lokasi
dimana pada lokasi pertama dengan luas lahan 1 rante yang hasilnya 400 kg super dan 100 kg ukuran kecil. Lokasi kedua luas lahan 1 rante dengan hasil 300 kg super dan 50 kg ukuran
kecil, penyuluhan penanaman cabai dengan menggunakan trikozia, melakukan vaksinasi rabies anjing sebanyak 49 ekor, ternak babi 25 ekor, pengolahan lahan dengan traktorse luas 3 hektar.

Pelayanan Kesehatan : Pengobatan gratis kepada 170 orang dengan 10 penyakit terbanyak yakni penyakit maag 10 orang, penyakit lainnya 23 orang, rematik 17 orang, ISPA 16 orang, cabutgigi 12 orang, sakitkepala 11 orang, darah tinggi 10 orang, migrain 8 orang, sakit gigi 8 orang, suspect TB 4 orang, pemeriksaan kepada ibuhamil 3 orang, pelayanan lansia 45 orang, kunjungan kepada pasien 1 orang, penimbangan bayi dan balita 109 orang dengan hasil gizi baik 107 orang, gizi kurang 1 orang, gizi buruk 1 orang, penyuluhan PHBS dan stop BAB di 2 sekolah dasar tumpak debata dan bulu ujung, pemeriksaan gigi dan mulut 28 orang, sosialisasi cuci tangan pakai sabun di 2 SD tumpak debata dan bulu ujung, melaksanakan imunisasi, pemeriksaan dahak kepada 3 orang, pemeriksaan IVA kepada 37 orang, pemasangan KB/Implan 27 orang, bongkar Implan 2 orang, penyuluhan kader di 2 SD.

Dinas Pendidikan : Identifikasi siswa SD Calistum 6 orang dan realisasi 13 orang tuntas yakni dari SD Tumpak Debata 8 orang, SD Bulu Ujung 5 orang, sosialisasi tentang Kartu Indonesia Pintar. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) : sosialisasi BKB kepada 30 orang, sosialisasi genre kepada 43 orang, pelayanan KB kepada 29 orang. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang : pembukaan dan perluasasn jalan sepanjang 500 meter; pembukaan dan perluasan jalan desa perjuangan sepanjang 1800 meter.

Dinas Pemudan dan Olahraga bersama dengan Pramuka dan Dinas PPKB melakukansosialisasi penyuluhan genre berencana yaitu say no to drugs, say no to free sex dan say no to HIV
AIDS, sosialisasi SakaKencana kepada 7 orang.

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melakukan sosialisasi tentang menjadi pelopor dan pelapor kepada 46 orang.

Inspektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada aparatur desa di 5 desa yakni desa perjuangan, pegaganjulu II, pegaganjulu III, pegaganjulu IV, pegaganjulu V tentang penyusunan RKP dan yang lainnya.

Badan Kepegawaian dan SDM : Menyapaikan pembinaan kepada 53 orang Kepala Sekolah SD se-Kecamatan Sumbuldan Guru SD mengenai peraturan perundang-undangan tentang kepegawaian. Satpol PP melakukan pengamanan bekerja sama dengan Dinas  Perhubungan.

Badan Pengelola Pendapatan Daerah melakukan beberapa pelayanan meliputi pendaftaran, pembetulan SPT, mutasi objek kepada 40 permohonan.

Dinas Lingkungan Hidup melakukan pembersihan drainase dan pengangkutan sampah di sepanjang jalan Tumpak Debata, melakukan penanaman pohon penghijauan, yakni trambesi 150 batang, sengon 100 batang, jengkol 100 batang, pete 100 batang, aren 50 batang dengan total seluruhnya 500 batang, pengambilan sample air di 3 sumur mata air Desa Tumpak Raja, sosialisasi Sekolah Adiwiyata di 2 SD Tumpak Debata dan Bulu Ujung.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil : Akte Lahir 128 orang tuntas, Akte Kawin 98 orang tuntas, Kartu Keluarga 113 orang
tuntas, Perekaman e-KTP kepada 23 orang.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melakukan pelayanan perpustakaan melalui perpustakaan mobil keliling di 2 SD Tumpak Debata dan Bulu Ujung kepada 270 siswa, Pembinaan
Perpustakaan dan Pengelolaan Arsip kepada Kepala Desa dan perangkat desa di 4 desa (Pegagan julu IV, Pegagan Julu VI,
Perjuangan, Pegagan Julu II) dengan jumlah 23 orang. Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan bersama dengan Ibu-ibu PKK melakukan pemanfaatan lahan pekarangan melalui penanaman sayur mayur. Dinas Ketenagakerjaan, Koperasidan UKM
melakukan pelayanan informasi tentang ketenagakerjaan kepada 7 orang. Dinas Sosial melakukan pembinaan tentang keluarga harapan kepada 30 orang, Kunjungan kerumah penderita penyakit gangguan jiwa 1 orang, Pembinaan kelompok Usaha Bersama (UB) di Desa Tumpak Debata kepada 2 kelompok.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan sosialisasi penanggulangan darurat bencana di 2 SD yakni SD Tumpak Debata dan SD Bulu Ujung sebanyak 217 siswa.