• +62 627 21001
  • Jl. Sisingamangaraja, No. 127

Berita Daerah

Image Here

KPP Pratama Kabanjahe Launching Program KSWP di Kabupaten Dairi

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kabanjahe yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Dairi mengadakan kegiatan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPH Orang Pribadi Tahun Pajak 2016 sekaligus melakukan Launcing Program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) pada Rabu (29/3/2017) di Balai Budaya Sidikalang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Dairi KRA. Johnny Sitohang Adinegoro, S.Sos, Wakil Bupati Dairi Irwansyah Pasi, SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Sebastianus Tinambunan, SH, M.Pd, Kepala KKP Pratama Kabanjahe Iskandar Zulkarnaen, Dirjen Pajak Pusat yang diwakili oleh Drs. Petrus Martoro, MM, Kepala Kantor Wilayah DJP Sumut II Tribowo, ST, MM, Pipmpinan SKPD dan Camat se-Kabupaten Dairi serta para Pengusaha yang ada di Kabupaten Dairi.

Petrus Martoro mewakili Dirjen Pajak Pusat dalam sambutannya mengatakan saat ini Kabupaten Dairi telah menjalankan aplikasi KSWP dimana aplikasi tersebut akan sangat berguna untuk semuanya baik bagi Kabupaten maupun Pemerintah Pusat. “Dengan aplikasi ini pemerintah dapat meyakini bahwa seluruh layanan itu diberikan kepada wajib pajak yang memang patuh bayar pajak,” terangnya. Ia katakan walaupun setiap daerah Provinsi/Kabupaten/Kota ada pendapatan asli daerah (PAD), namun penerimaan pajak baik itu yang dikelola oleh pusat sebagian besar diturunkan dalam bentuk transfer kedaerah untuk pembangunan di daerah. Hal tersebut Ia katakan  karena APBN yang ada saat ini hampir 80% sumber penerimaannya dari perpajakan. Ia berharap dengan dilaunchingnya aplikasi KSWP akan menandai berbagai bentuk transaparansi serta bentuk kerjasama Dirjen Pajak dengan Pemkab Dairi sehingga dapat meningkatkan penerimaan pajak. Kepala Kantor Wilayah DJP Sumut II : Di wilayah kerja saya, baru Kabupaten Dairi yang melakukan launching KSWP tersebut.
“Ini merupakan kebanggaan bagi kita semua dan harus kita dukung bersama karena berkaitan dengan pajak mengingat Presiden Jokowi sangat antusias dan sangat mendukung program tersebut,” ujarnya. Untuk tahun 2017, Ia menyampaikan bahwa DJP ditargetkan untuk mengumpulkan pajak sebesarRp. 1.307 trilyun dan Kanwil DJP Sumut II ditargetkan sebesar Rp. 5,6 trilun.

Dalam kesempatan tersebut, Ia mengajak seluruh Wajib Pajak yang belum mengikuti Tax Amnesty agar dapat memanfaatkan sebaik mungkin sebelum berakhir pada tanggal 31 Maret 2017. Dengan ikut nya Wajib Pajak dalam Tax Amnesty, Ia katakan kewajiban Wajib Pajak pada tahun 2015 ke bawah akan di anggap putih (bersih). “Mari kita bayar pajak kita dengan tepat waktu maka kita akan menjadi lega sesuai dengan motto Tax Amnesty yaitu Ungkap, Tebus dan Lega,” pungkasnya.

Bupati Dairi :Dengan Launcing KSWP, Semoga Dairi Akan Menjadi Daerah yang Patuh Akan Bayar Pajak     Dalam kesempatan yang sama, Bupati Dairi dalam memberikan sambutannya mengatakan di samping dari pada pembangunan nasional, Pajak juga di gunakan untuk pembangunan daerah tentunya di dukung dengan kepatuhan para wajib pajak dalam membayar pajaknya. Melalui launching aplikasi KSWP, Beliau  berharap dapat menjadi suatu motivasi bagi seluruh para wajib pajak yang ada di Kabupaten Dairi untuk mematuhi serta taat bayar pajak sehingga peningkatan Dana Alokasi Khusus (DAK) dapat tercapai. “Terimakasih kami ucapkan kepada Kantor Wilayah DJP Sumut II karena memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Dairi sebagai daerah pertama untuk melakukan launching aplikasi KSWP karena akan memberikan motivasi kepada kami untuk selalu patuh dan taat dalam membayar pajak,” ujarnya.